Apa itu Chi yang Ada Dalam Tubuh Kita

Apa itu Chi yang Ada Dalam Tubuh Kita

Chi (atau qi) identik dengan nafas dalam Bahasa Mandarin. Dalam kombinasi dengan kata lain, chi menunjukkan konsep yang sedikit berbeda. Qi gong, misalnya, secara harfiah diterjemahkan menjadi, ‘kerja nafas’, tetapi ruang lingkup qigong jauh lebih dalam mengembangkan energi yang menjiwai tubuh.

Konsep kekuatan hidup ditemukan dalam banyak budaya kuno. Di India, itu disebut prana; di Jepang, ki; untuk orang Hawaii, mana. Gagasan tentang kekuatan hidup adalah pusat dari bentuk obat dan penyembuhannya.

Dari segi tubuh, chi adalah yang membedakan mayat dari manusia hidup. Kekuatan hidup yang kuat membuat manusia benar-benar hidup, waspada, dan hadir. Sebaliknya, kekuatan yang lemah menghasilkan kelesuan, kelelahan, dan bahkan dapat menyebabkan penyakit.

Ini berarti bahwa chi dapat dikembangkan untuk mengatasi penyakit, menjadi lebih bersemangat, atau meningkatkan kapasitas mental dan atletik. Pengobatan Tiongkok Tradisional didasarkan pada keseimbangan dan peningkatan chi untuk membawa tubuh ke kondisi kesehatan dan vitalitas.

Pengembangan Chi Praktis

Qigong, tai chi, dan bentuk seni bela diri dan penyembuhan Tao lainnya membantu mengembangkan energi chi yang halus, bukan sebagai ide, melainkan mengarah langsung ke perasaan dan pengalaman chi di dalam tubuh.

Ada banyak cara untuk mengembangkan chi. Dalam hal tubuh fisik, perkembangan chi dapat membuat orang yang sakit atau lemah menjadi lebih sehat dan hidup. Namun, konsep chi juga melampaui tubuh fisik, hingga energi halus yang mengaktifkan semua fungsi manusia, termasuk emosi dan pikiran. Dalam Taoisme, cara chi meluas ke luar tubuh fisik dipahami sebagai Teori Tubuh Delapan Energi.

Chi yang tidak seimbang dapat menyebabkan emosi menjadi gelisah, tertekan, atau tidak menentu. Sedangkan chi yang seimbang dapat menyebabkan emosi menjadi lebih halus, seimbang, dan stabil. Ketika mengembangkan chi mental, seseorang dapat meningkatkan kejernihan pikiran. Apakah bekerja untuk jangka waktu yang lama, atau dalam lingkungan yang mengganggu, fokus dapat dipertahankan pada tugas yang dihadapi. Chi spiritual memungkinkan manusia memasuki kondisi kesadaran yang lebih tinggi, yang merupakan jantung dari pengalaman religius.

Teori Medis Tradisional Cina dan Chi

Dalam frasa medis Tiongkok, ‘teng jr bu tong’, jika sirkulasi chi terhambat (bu tong), rasa sakit dan penyakit muncul (teng). Sebaliknya, jika chi dalam garis meridian akupunktur sepenuhnya terhubung dan bersirkulasi tanpa penyumbatan (tong), seseorang tidak akan merasakan sakit atau penyakit (bu tong) – tong jr bu teng.

Membuat chi tong adalah tujuan paling dasar dari pengobatan Tiongkok. Untuk menjaga kesehatan optimal bebas rasa sakit, chi harus bersirkulasi ke seluruh tubuh, tanpa gangguan, dengan cara yang halus dan kuat. Menyeimbangkan dan menghubungkan chi tubuh dan menghilangkan penyumbatan dapat mengurangi rasa sakit akibat penyakit dan meningkatkan kesehatan dan vitalitas.