Sejarah Catur – Panduan Sederhana tentang Siapa yang Menciptakan Catur

Bagaimana Sejarah Catur Berlangsung?

  • Sejarah catur dapat ditelusuri kembali sekitar 1500 tahun; dimulai di India Utara dan kemudian menyebar ke seluruh benua Asia.
  • Catur berhasil melalui kekaisaran Arab Islam yang berkembang ke Eropa.
  • Aturan catur berubah berkali-kali hingga tahun 1880 (era romantis catur).
  • Kejuaraan Catur Dunia resmi pertama diselenggarakan pada tahun 1886.
  • Abad ke-20 merevolusi catur dengan penemuan basis data dan mesin catur.

Siapa yang menciptakan catur?

Sejarah catur kembali bertahun-tahun, puluhan tahun dan bahkan berabad-abad! Tapi siapa yang benar-benar menemukan permainan yang kita semua suka? Apa asal mula latihan mental yang terkenal ini yang dilakukan jutaan orang? Catur banyak sekali menarik perhatian orang orang yang ada di Dunia dan juga mendapatkan banyak sekali perhatian dalam setiap permainannya penggemar, tetapi akar dan asal-usulnya tidak jelas dan sangat bisa diperdebatkan. Ada berbagai legenda, cerita, dan tebakan sederhana, mulai dari perselisihan tentang dari mana asalnya dan berakhir dengan saat catur dimulai.

Namun, sebagian besar orang dapat setuju bahwa tidak hanya ada satu individu yang menemukan permainan yang mapan karena itu terlalu rumit dengan semua aturan dan konsepnya untuk dibuat oleh satu pikiran manusia sederhana.

Sampai Wilhelm Steinitz Resmi menjadi master Catur yang pernah ada di Dunia dan tidak pernah terkalahkan sejak tahun 1886, permainan catur terus berubah. Itu adalah permainan yang kami bisa mengalami kesulitan mengenali ketika kita berpikir tentang catur hari ini: dari permainan yang didominasi oleh pengambilan keputusan intuitif, hingga pertarungan antara mesin catur.

Jadi, dalam artikel berikut, kami akan mengeksplorasi akar-akar permainan catur yang berbeda dan mengajari Anda sejarah catur secara singkat.

Sejarah Catur – Legenda Terkenal

Salah satu legenda kuno yang mungkin ditemukan oleh banyak anak dalam buku matematika mereka adalah tentang raja tirani India, Shahram, dan orang bijak di kerajaannya. Orang bijak itu ingin meyakinkan Shihram tentang pentingnya setiap penduduk kerajaannya.

Jadi, ia menciptakan permainan untuk mewakili kerajaan yang terdiri dari raja sendiri, ratu, benteng, uskup, ksatria, dan pion, yang semuanya penting.

Raja judi bola sangat menyukai permainan dan mengerti bahwa permainan itu seperti kehidupan nyata. Jadi, dia memerintahkan semua orang di kerajaannya untuk bermain catur! Shahram menawarkan kepada pria itu semua emas dan perak yang dia inginkan, tetapi orang bijak itu tidak menginginkan harta apa pun.

Bersama raja, dia pergi ke papan catur dan memintanya untuk meletakkan satu butir gandum di kotak pertama, dua di kotak kedua dan terus menggandakannya sampai papan catur penuh.

Pertama-tama, raja merasa sangat tersinggung, tetapi kemudian dia memerintahkan pelayannya untuk memenuhi keinginan lelaki itu. Dengan putus asa, para pelayan menyampaikan bahwa jumlah gandum yang begitu besar tidak ada!

Raja mengerti bahwa orang bijak itu memberinya pelajaran kedua. Sama seperti pion dalam catur, Anda tidak boleh meremehkan hal-hal kecil dalam hidup!

Ini adalah salah satu legenda paling populer tentang sejarah catur. Tapi yang pasti, masih banyak lagi …

Sejarah Catur

Suatu hari, seorang pria bernama H. ​​J. R. Murray sangat tiba tiba merasa sangat tertarik dan pastinya sudah antusias untuk memainkan permainan yang bernama permainan catur ini

Dia memutuskan untuk berbagi salah satu penemuannya itu yang pastinya juga berdampak positif ke seluruh dunia apabila dikenalkan dan dibagikan yaitu dengan cara dengan menulis buku, “A History of Chess”, pada tahun 1913.

Dalam bukunya, Murray telah berbicara bahwa setelah beberapa sejarah juga ada di India Utara, melakukan perjalanan ke Persia, dan kemudian menyebar ke seluruh benua Asia.

Di Dunia Timur, misalnya di India atau Persia, catur menjadi bagian dari pendidikan bangsawan yang santun.

Pada masa itu kata-kata seperti- Persia untuk raja – atau “Shāh Māt!” – raja tidak berdaya – digunakan dalam permainan.

Kata-kata ini sangat mirip dengan istilah yang kita gunakan hari ini dengan “check” dan “checkmate”. Aturannya sudah sangat mirip dengan aturan catur yang kita kenal saat ini.

Murray menggambarkan cetakan catur asli, yang disebut Shatranj. Kemudian ia menyajikan peran catur abad pertengahan di Eropa selama Abad Pertengahan, bagaimana perjalanannya dari Timur Tengah ke Rusia dan kemudian ke Eropa Barat.

Akhirnya, di bagian ketiga bukunya tentang sejarah catur, penulis tiba di awal catur modern di abad ke-19 seperti yang kita kenal sekarang.

Akar Cina

Tidak hanya mereka yang percaya catur berasal dari India, tetapi beberapa orang percaya bahwa catur diciptakan di Cina. Legenda mengatakan bahwa catur diciptakan sekitar 200 SM. oleh seorang komandan, Hán Xin, yang menemukan permainan untuk mewakili pertempuran tertentu. Segera setelah pertempuran, pertempuran penting dalam sejarah Tiongkok, permainan dilupakan dan kemudian muncul kembali pada abad ke-7 M. dengan beberapa aturan baru.

Permainan menjadi populer dengan nama “XiangQi” yang berarti “permainan gajah”, kehilangan referensi ke pertempuran kuno. Permainan gajah sangat berbeda dengan permainan catur yang kita kenal sekarang. Mereka memiliki potongan-potongan lain, papan lain, dan bahkan aturan lainnya. Menurut kepercayaan ini, catur pergi dari Cina ke India dan Persia sesudahnya, di mana perlahan-lahan diubah menjadi permainan catur yang kita kenal sekarang dengan papan catur 8 × 8 persegi dan potongan-potongan catur yang kita kenal.

Sejarah Catur: Dari Era Romantis Ke Era Digitalisasi

Hingga akhir abad ke-15, catur berubah berkali-kali, selamat dari sanksi oleh Gereja Kristen serta larangan total dari waktu ke waktu. Sampai tahun 1880-an, permainan berkembang menjadi bentuk permainan catur modern. Periode ini dikenal sebagai “era catur romantis”. Mari kita melihat lebih dekat pada salah satu game paling terkenal dari era catur romantis, “Game Abadi” antara Anderssen dan Kieseritky.

Catur perlahan-lahan mendapatkan karakter kompetitif dan aturan konkretnya, semakin populer di kalangan masyarakat. Perencanaan strategis atau studi teori yang panjang merupakan topik yang cukup subordinat. Di latar depan, ada masalah seperti motif taktis cepat dan ketergantungan pada gerakan intuitif.

Turnamen catur pertama mulai berlangsung dan bahkan Kejuaraan Dunia resmi pertama diselenggarakan pada tahun 1886 di mana Wilhelm Steinitz menjadi Juara Catur Dunia resmi pertama.

Sampai pertengahan abad ke-20, ada kecenderungan ke arah permainan catur romantis, ketika para pemain mengandalkan taktik dan permainan yang sangat dinamis. Namun, abad ke-20 merevolusi catur dengan penemuan basis data, mesin catur dan beberapa metode untuk persiapan strategis yang nyaman dan efisien.

Situs web catur dan permainan online diciptakan sehingga era romantis selesai dan era digitalisasi teknologi baru dimulai.